Senin, 08 April 2013

SOAL METODE DAN TEKNIK PEMBELAJARAN PLS



Soal Pilihan Ganda.
1.        Dari pilihan di bawah ini, manakah yang bukan merupakan kelemahan dari teknik pembentukan kelompok kecil !
a.       Memerlukan persiapan untuk mencatat pokok-pokok informasi oleh sumber belajar dan diperlukan alat-alat bantu seperti papan tulis, kertas lebar, dan daftar isian.
b.      Warga belajar lebih mementingkan penyelesaian tugasnya sendiri.
c.       Hanya dapat diikuti oleh warga belajar yang telah dapat membaca dan menulis.
d.      Relative sulit mengumpulkan kelompok-kelompok yang anggotanya sama jumlahnya.
2.        Kapan penggunaan teknik diad dilakukan ?
a.    Apabila para warga belajar belum mengenal antara yang satu dengan yang lainnya.
b.    Apabila para warga belajar belum dibagi kedalam kelompok-kelompok kecil dan belum mengetahui bagaimana cara melakukan kegiatan berkelompok.
c.    Apabila warga belajar berada pada jarak jauh sehingga proses pembelajaran dilakukan secara mandiri.
d.   Apabila waktu pembelajaran sudah sedikit tersisa.
3.        Manakah yang merupakan kelebihan dari teknik wawancara (interview), kecuali ?
a.       Warga belajar dapat mengungkapkan perasaan, pikiran dan harapan secara lebih mendalam.
b.      Warga belajar menjawab dengan bebas, dapat memberikan saran-saran dan pendapat tentang hal-hal lain di luar pertanyaan.
c.       Penanya dapat mengubah susunan atau gaya pertanyaan apabila pertanyaan kurang dipahami oleh warga belajar.
d.      Yang diwawancarai cenderung mengemukakan perkiraan, bukan yang benar-benar dirasakan oleh mereka.
4.        Apa yang dimaksud dengan teknik curah pendapat ?
a.    Teknik yang mengumpulkan informasi tentang kebutuhan belajar, sumber-sumber, hambatan belajar dan sebagainya yang dilakukan dengan proses tanya jawab.
b.    Teknik yang mempertemukan antara dua orang yang berkomunikasi secara lisan dan tertulis antara orang yang satu dengan orang yang lain agar terjalin keakraban.
c.    Teknik yang dilakukan oleh kelompok yang warga belajarnya memiliki latar belakang pengetahuan & pengalaman yang berbeda, yang menentukan dan memilih pendapat/buah pikiran sebagai jawaban terhadap pertanyaan dalam proses belajar.
d.   Perbicaraan melalui tatap muka yang direncanakan dua orang warga belajar atau lebih tentang pokok atau topik bahasan tertentu, dan dipimpin oleh seorang pimpinan. Pembicaraan itu mengungkapkan pikiran, gagasan dan pendapat tentang topik yang dibahas.
5.        Manakah yang merupakan langkah-langkah dalam penggunaaan teknik pemilihan cepat ?
a.    Sumber belajar menyusun daftar alternative program yang akan dipilih.
b.    Sumber belajar menggunakan alat-alat bantu yang diperlukan untuk daftar alternative program itu.
c.    Sumber belajar membantu mengarahkan warga belajar untuk memilih dan mengolah alat-alat bantu yang telah disusun lalu mendiskusikan hasilnya.
d.   Semua benar.
6.        Berapakah jumlah ideal dalam penggunaan teknik pemilihan cepat ?
a.    20 orang
b.    30 orang
c.    40 orang
d.   45 orang
7.        Berikut adalah tujuan dari teknik perancangan program, kecuali?
a.    Mengesahkan keputusan-keputusan tentang program yang dapat diterima oleh semua warga belajar dan memperoleh dukungan dari mereka.
b.    Merencanakan program-program dalam bidang kegiatan yang berbeda-beda tapi memerlukan koordinasi.
c.    Menyatukan pikiran-pikiran dari berbagai warga belajar supaya dapat menemukan titik temu dari suatu masalah yang lagi hangat di bahas.
d.   Mengembangkan partisipasi warga belajar dalam menentukan keputusan dan mengkordinasikan sumber-sumber manusiawi dan non manusiawi dan berbagai bidang di dalam proses penyusunan program.
8.        Manakah pengertian teknik simulasi yang tepat ?
a.    Suatu teknik yang memerankan karakter orang lain dalam adegan.
b.    Suatu cuplikan situasi kehidupan nyata yang diangkat dalam kegiatan belajar yang diorganisasikan dengan baik oleh para warga belajarnya.
c.    Suatu kegiatan yang dilakukan oleh kelompok yang warga belajarnya memiliki latar belakang pengetahuan dan pengalaman berbeda yang menyampaikan buah pikirannya untuk memecahkan suatu masalah.
d.   Mempraktekkan kejadian apa saja yang telah di situasikan sesuai dengan skrip yang telah di tulis sebelumnya.
9.        Manakah yang menjadi kelamahan dari teknik simulasi, kecuali?
a.    Membutuhkan persiapan untuk identifikasi permasalahan dari kehidupan nyata para warga belajar.
b.    Tidak mudah mencuplikkan situasi kehidupan nyata yang dapat menarik minat semua peserta.
c.    Kadang-kadang kegiatan dapat menyita waktu lebih lama dari yang ditetapkan.
d.   Kegiatan simulasi lebih dekat dengan masalah kehidupan nyata dalam kehidupan nyata para warga belajar.
10.    Apa yang dimaksud dengan metode studi kasus ?
a.    Deskripsi menyeluruh tentang situasi kehidupan yang khusus seperti ruang lingkup masalah dan issu nyata.
b.    Memperagakan kejadian dalam suatu peristiwa (kasus) yang ditentukan sebelumnya dengan alur dan latar yang telah disetting sebelumnya.
c.    Memperdebatkan hal-hal yang lagi hangat di media-media catak dan elektronik.
d.   Meneliti kasus-kasus yang ada dimasyarakat yang tekniknya bekerja sama dengan aparat keamanan Negara.
11.    Manakah waktu yang kurang tepat dalam penggunaan  teknik kelompok buzz ?
a.    Apabila warga belajar dalam suatu kelompok terlalu banyak sehingga setiap orang tidak mampunyai kesempatan berpartisipasi.
b.    Apabila warga belajar tidak mengetahui bahasan masalah.
c.    Apabila waktu yang tersedia untuk membahas masalah terbatas.
d.   Apabila masalah itu mengandung beberapa aspek atau bagian yang pelu dibahas secara khusus.
12.    Dalam teknik forum dapat dimodifikasi penyelenggaraannya menjadi 3 bagian, kecuali ?
a.    Forum panel
b.    Forum debat
c.    Forum masa
d.   Forum symposium
13.    Apa yang dimaksud teknik role play (bermain peran) ?
a.    Deskripsi menyeluruh tentang situasi kehidupan yang khusus seperti ruang lingkup masalah dan issu nyata
b.    Suatu kegiatan yang dilakukan oleh kelompok yang warga belajarnya memiliki latar belakang pengetahuan dan pengalaman berbeda yang menyampaikan buah pikirannya untuk memecahkan suatu masalah.
c.    Suatu teknik kegiatan belajar yang menekankan pada kemampuan penampilan warga belajar untuk memerankan status dan fungsi pihak-pihak lain yang terdapat pada dunia kehidupan.
d.      Suatu cuplikan situasi kehidupan nyata yang diangkat dalam kegiatan belajar yang diorganisasikan dengan baik oleh para warga belajarnya.
14.    Manakah yang bukan merupakan keunggulan dari teknik permainan (games) ?
a.    Kompetisi dan keinginan menang dirasakan oleh para peserta.
b.    Permainan menumbuhkan kegembiraan dan tidak melelahkan dalam belajar.
c.    Ganjaran pemenang dirasakan secara langsung.
d.   Kadang-kadang melebihi waktu yang telah ditentukan.
15.    Apakah tujuan penggunaan teknik kunjungan lapangan?
a.       Menyatukan pikiran-pikiran dari berbagai warga belajar supaya dapat menemukan titik temu dari suatu masalah yang lagi hangat di bahas.
b.      Agar para warga belajar memperoleh pengalaman langsung dari objek-objek yang telah dikunjungi dan memperoleh pengalaman belajar.
c.       Agar dapat menambah keahlian yang telah terfokus pada magang.
d.      Mengembangkan partisipasi warga belajar dalam menentukan keputusan dan mengkordinasikan sumber-sumber manusiawi dan non manusiawi dan berbagai bidang di dalam proses penyusunan program.



versi kedua

SOAL PILIHAN GANDA

1.      Tekinik TRIAD dapat dikembang dari…….
a.       Teknik diad
b.      Teknik kelompok kecil
c.       Teknik bujur sangkar terpecah
d.      Teknik curah pendapat
e.       Teknik penentuan oleh kelompok
2.      Sumber belajar  menyiapakan lembar isian yang memuat pernyataan warga belajar, merupakan bagian dari langkah-langkah teknik,,….
a.       Teknik diad
b.      Teknik kelompok kecil
c.       Teknik pembinaan belajar berkelompok
d.      Teknik curah pendapat
e.       Teknik penentuan oleh kelompok
3.      Suatu teknik yang menggambarkan pengalaman atau masalah individual yang disusun untuk memencing perhatian /perasaan para peserta latihan,….
a.       Teknik pemecahan masalah kritis
b.      Teknik simulasi
c.       Teknik forum
d.      Teknik bermain peran
e.       Teknik perancangan program
4.      Anda adalah seorang belajar pada salah satu program pendidikan baca tulis untuk orang-orang yang sedang mengikuti program pemberantasan tuna aksara. Anda bermaksud untuk menetepkan teknik permainan kartu huruf. Yang diatas adalah contoh penggunaan teknik…..
a.       Teknik perancangan program
b.      Teknik simulasi
c.       Teknik bermain peran
d.      Games
e.       Teknik ceramah bervariasi
5.      A. isi pembicaraan dicatat oleh pencatat
          B. dapat dilengkapi dengan alat rekaman
          C. waktu penyelenggaraan mungkin bertambah dari yang telah ditetapkan
          D. peserta yang senang berbicara dapat mendominasi pembicaraan dalam diskusi
          Dari pernyataan diatas yang manakah termasuk keunggulan teknik cawan ikan…..
a.       A,B dan C
b.      C dan D
c.       A dan B
d.      A
e.       B dan D
6. Dalam teknik forum dapat dimodifikasi penyelenggaraannya menjadi 3 bagian, kecuali
a.    Forum panel
b.    Forum debat
c.    Forum masa
d.   Forum symposium
e.    Forum terbuka
7. Apa yang dimaksud teknik role play (bermain peran) ?
a.    Deskripsi menyeluruh tentang situasi kehidupan yang khusus seperti ruang lingkup masalah dan issu nyata
b.    Suatu kegiatan yang dilakukan oleh kelompok yang warga belajarnya memiliki latar belakang pengetahuan dan pengalaman berbeda yang menyampaikan buah pikirannya untuk memecahkan suatu masalah.
c.    Suatu teknik kegiatan belajar yang menekankan pada kemampuan penampilan warga belajar untuk memerankan status dan fungsi pihak-pihak lain yang terdapat pada dunia kehidupan.
d.   Suatu cuplikan situasi kehidupan nyata yang diangkat dalam kegiatan belajar yang diorganisasikan dengan baik oleh para warga belajarnya.
e.    Suatu teknik yang memberikan kesempatan kepada setiap warga belajar untuk berpartisipasi guna mengenal dan menjelaskan masalah
8. Manakah yang bukan merupakan keunggulan dari teknik permainan (games) ?
a.    Kompetisi dan keinginan menang dirasakan oleh para peserta.
b.    Permainan menumbuhkan kegembiraan dan tidak melelahkan dalam belajar.
c.    Ganjaran pemenang dirasakan secara langsung.
d.   Kadang-kadang melebihi waktu yang telah ditentukan.
e.    Penilaian bersama oleh pengamat dan pemain
9. Apakah tujuan penggunaan teknik kunjungan lapangan?
a.    Menyatukan pikiran-pikiran dari berbagai warga belajar supaya dapat menemukan titik temu dari suatu masalah yang lagi hangat di bahas.
b.    Agar para warga belajar memperoleh pengalaman langsung dari objek-objek yang telah dikunjungi dan memperoleh penalaman belajar.
c.    Agar dapat menambah keahlian yang telah terfokus pada magang.
d.   Mengembangkan partisipasi warga belajar dalam menentukan keputusan dan mengkordinasikan sumber-sumber manusiawi dan non manusiawi dan berbagai bidang di dalam proses penyusunan program.
e.    Menambah kegairahn belajar bagi para warga belajar dan dapat meningkatkan daya khayal untuk menimbulkan minat dan menambah pengetahuan
10.  dibawah ini yang mana yang bukan merupakan keunggulan dari teknik pembentukan kelompok kecil ?
a.       Warga belajar dapat mencek informasi tentang dirinya sendiri pada daftar isian yang telah diisikan oleh sumber belajar
b.      Dapat meningkatkan rasa kepuasan warga belajar dalam memilih teman-teman yang sama atau berbeda pengalaman dan pandangannya
c.       Hanya dapat diikuti oleh warga belajar yang telah dapat membaca dan menulis
d.      Informasi tercatat dengan baik sehingga dapat digunakan untuk keperluan dimasa berikutnya
e.       Tidak memerlukan persiapan untuk mencatat pokok- pokok informasi oleh sumbr belajar dan diperlukan alat-alat bantu
11.  dibawah ini yang merupakan pengertian dari tekhnik curah pendapat ialah ?
a.       Kegiatan yang dilakukan oleh kelompok yang warga belajarnya memiliki latar belakang pengetahuan dan pengalaman yang berbeda-beda
b.      Kegiatan yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentangkebutuhan belajar, sumber-sumber, hambatan dan lain sebagainya
c.       Untuk engetahui harapan para warga belajar tentang aktivitas yang dapat mereka lakukan dalam kegiatan berkelompok
d.      Digunakan untuk menumbuhkan partisipasi yang efektif para waga belajar yang merumuskan dan membuat prioritas tujuan
e.       Menghimpun keputusan yang tertulis yang diajukan oleh sejumlah calon waga belajar atau para para pakar
12.  pada saat kapan tekhnik diskusi kelompok dapat digunakan ?
a.       Teknik ini akan tepat digunakan apbila kegiatan warga belajar dilakukan guna menghimpun informasi untuk disepakati bersama oleh para warga belajar
b.      Teknik ini tepat digunakan dalam kelompok belajar yang tidak terlalu banyak pesertanya
c.       Teknik ini tepat digunakan dalam proses pengambilan keputusan yang melalui tahap-tahap kegiatan
d.      Teknik ini tepat digunakan apabila sumber belajar ingin mengetahui secara langsung jawaban atau pendapat para warga belajar melalui pengunggkapan informasi secara lisan
e.       Teknik ini digunakan apabila warga belajar belum dibagi kedalam kelompok-kelompok kecil dan warga belajar belum mengetahui bagaimana cara melakukan kegiatan kelompok
13.  Berapakah jumlah ideal dalam penggunaan teknik pemilihan cepat ?
a.    20 orang
b.    30 orang
c.    40 orang
d.   45 orang
e.    50 orang
14.Dibawah ini merupakan keunggulan teknik DIAD, kecuali,……
a.       Tidak memerlukan banyak alat, karena dapat dilakukan secara lisan
b.      Menimbulkan keakraban hubungan antar warga belajar
c.       Memerlukan tempat belajar yang memungkinkan warga belajar dapat bertanya dan melaporkan secara terbuka
d.      Muda dilakukan asal terdapat dua warga belajar atau lebih
e.       Warga belajar merasa senang karena keadaan pribadinya dikenalkan oleh orang lain, bukan oleh diri nya sendiri

15.Pembicaraan melalui tatap muka yang direncanakan diantara dua warga belajar atau lebih tentang pokok atau topik bahasan tertentu, dan dipimpin oleh seorang pemimpin diskusi,……
a.       Langkah-langkah penggunaan teknik diskusi kelompok
b.      Pengertian diskusi kelompok
c.       Keunggulan diskusi kelompok
d.      Kelemahan diskusi kelompok
e.       Contoh diskusi kelompoK

ESAY
1.      Jelaskan pengertian dari teknik DIAD…..!
2.      Sebutkan keunggulan teknik pembinaan belajar kelompok..
3.      Kapan teknik curah pendapat digunakan…
 


3.      
4.