KISI-KISI ULANGAN SEMESTER GANJIL
SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2012/2013
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X / Ganjil
No. | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | Bentuk Soal | Nomor Soal | Bobot Soal |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
1 | 1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) | 1.1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara | Menyebutkan perbedaaan warga negara dengan bukan warga negara/orang asing | PG | 1 | Sedang |
Menyebutkan unsur-unsur terbentuknya negara | PG | 5 | Mudah | |||
1.2. Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan | Menjelaskan bentuk pemerintahan dengan sistem monarki | PG | 2 | Sedang | ||
Menyebutkan bukti bahwa Indonesia sebagai negara yang berkedaulatan rakyat | Essay | 3 | Sukar | |||
1.3. Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI | Menjelaskan tujuan NKRI sesuai dengan pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 | PG | 3 | Mudah | ||
Essay | 1 | Mudah | ||||
1.4. Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. | Menyebutkan pegertian nasionalisme | PG | 4 | Mudah | ||
2 | 2. Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional | 2.1. Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional | Menjelaskan tentang sistem hukum yang baik | PG | 6 | Sedang |
Menyebutkan penggolongan hukum berdasarkan isinya | PG | 7 | Sedang | |||
2.2. Menganalisa peranan lembaga-lembaga peradilan | Menjelaskan pengertian jaksa dan saksi yang berkaitan dengan peranan lembaga peradilan | PG | 8 , 9 | Sedang | ||
Menyebutkan susunan pengadilan yang ada di Indonesia | Essay | 4 | Sedang | |||
2.3. Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku | Memberikan contoh sikap taat terhadap hukum di lingkungan sekolah | PG | 10 | Mudah | ||
2.4. Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia | Memberikan contoh korupsi yang dilakukan siswa di lingkungan sekolah | PG | 12 | Mudah | ||
Menyebutkan Undang-Undang yang mengatur tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi | PG | 11 | Sedang | |||
2.5. Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia | Menyebutkan peran serta masyarakat dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi di Indonesia | PG | 13 | Sukar | ||
Essay | 2 | Mudah | ||||
3 | 3. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) | 3.1. Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM | Menyebutkan pengertian dasar Hak Asasi manusia (HAM) | PG | 14 | Mudah |
Menjelaskan contoh macam-macam HAM dalam bidang sosial dan budaya (social and culture right) | PG | 15 | Sukar | |||
Menyebutkan pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang hak kesamaan dalam hukum dan pemerintahan | PG | 16 | Sedang | |||
3.2. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia | Menyebutkan Undang-Undang RI yang mengatur tentang HAM | PG | 17 | Sedang | ||
Menganalisa fungsi, tugas dan wewenang komnas HAM | PG | 18 | Sukar | |||
3.3. Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional HAM | Menjelaskan dasar pembentukan UU tentang pengadilan HAM dalam ketentuan pasal 104 ayat (1) UU Nomor 39 Tahun 1999. | PG | 19 | Sedang | ||
Memberikan contoh kejahatan terhadap kemanusiaan | PG | 20 | Sedang | |||
Menjelaskan pengertian kejahatan genosida | Essay | 5 | Sedang |
Mengetahui
Guru Pamong PKn Guru PPL PKn
Zaleha, S.Pd Bayu Pradikto
NIP. 195509041981022001 NPM. A1J009015